11 Aplikasi Windows untuk UI UX Design

2
9209
aplikasi windows ui ux
https-::dribbble.com:shots:3528647-Tenory-Mobile-App

GarudaPixel.com – Banyaknya pemain baru pada dunia UI/UX yang lahir pada negara tercinta kita ini, Indonesia. Namun, banyak dari mereka yang menggunakan sistem operasi berbasis Windows yang dimana sangat jarang sekali digunakan oleh Designer ataupun Developer aplikasi. Tapi, Garuda punya beberapa referensi aplikasi yang bisa kamu gunakan dan terutama untuk Windows user dalam mengerjakan UI/UX Design.

Beberapa aplikasi ini tergolong gratis dan berbayar, jika berbayar maka kamu bisa ambil free-trial terlebih dahulu untuk meyakini bahwa aplikasi tersebut cocok untuk kamu atau tidak sebelum kamu membeli dengan full-license. Yuk kita jabarin bersama-sama dengan Garuda di sini.

10 Aplikasi Windows UI UX Design

1. Adobe XD

Aplikasi ini baru saja launch dan masih dalam tahap beta, bedasarkan pengalaman GarudaPixel mengenai aplikasi ini sangat cantik dalam arti banyak fitur yang sangat berguna pada sisi UI maupun UX pada App design. Yap benar, pada aplikasi ini kita memiliki fitur Design dan Protoype yang dimana kita bisa membuat sebuah tampilan User-Interface lalu menjadikan Prototype untuk memaksimalkan alur kerja pada aplikasi tersebut.

2. Mockplus

Mockplus adalah sebuah aplikasi yang dibangun oleh teman saya dan mereka berasal dari Chengdu, China. Jadi, aplikasi ini cukup populer dan sangat sering digunakan oleh penduduk sana, karena aplikasi ini menyediakan beberapa template dan komponen yang tentunya sangat dibutuhkan ketika kita sedang membuat sebuah tampilan UI untuk Android maupun iOS. Maka dari itu, aplikasi yang satu ini cocok banget jika kamu suka desain aplikasi secara instant dan cepat. Oh ya, ada fitur prototype juga loh.

3. Balsamiq

Jauh sebelum ada Adobe XD dan Mockplus, aplikasi ini sudah ada loh guys yaa ibarat aplikasi ini sesepuhnya aplikasi UI/UX design hahaha. Iya, banyak orang-orang menggunakan aplikasi Balsamiq untuk membuat sebuah wireframe dan sering digunakan oleh UX designer dari kalangan luar negeri maupun Indonesia, Jadi kamu bisa coba deh Balsamiq ini ya dan aplikasi ini berbayar tapi kamu bisa free-trial saja dulu.

4. Mockflow

Aplikasi berbasis web ini memang terbilang berat untuk kalangan pengguna RAM kecil, tapi jika kamu menggunakan RAM besar maka itu semua takkan menjadi masalah untuk mempelajari UI/UX design. Jadi, pada aplikasi ini tersedia banyak fitur layaknya yang membantu kita membaut wireframe, style-guide, sitemap, bahkan bisa kolaborasi juga dengan yang lain pada projek design kita loh.

5. Axure RP

Well, banyak pengguna Windows menggunakan aplikasi ini ketika mereka tidak bisa merasakan rasanya Sketch App (Hahahaha). Axure dengan fitur lengkapnya dapat membawa kamu ke dunia UI yang memanjakan mata, dengan komponen yang lengkap dan easy-to-use yang dimana kamu hanya drag and drop saja dan langsung jadi. Kamu boleh coba aplikasi yang satu ini deh guys.

6. MarvelApp.com

Aplikasi berbasis web yakni MarvelApp.com yang membantu kita membuat sebuah design dengan konsep canvas mereka dan juga membuat design kita menjadi layaknya live-app (prototype) pada fitur mereka. Kamu, bisa juga memberikan sebuah feedback pada design team kamu atau kamu juga bisa share pekerjaan kamu dengan teman-teman kerja bahkan kuliahmu.

7. Proto.io

Proto ini juga aplikasi berbasis web yang dimana kita bisa akses dan tidak bergantung oleh sistem operasi, selama browser kita support HTML5 layaknya chrome maupun mozilla. Pada aplikasi ini kamu tidak kurang tidak lebih akan mendapatkan fitur-fitur menarik layaknya aplikasi lain, selama ini berbasis online maka kamu bisa share juga hasil design kamu untuk meminta sebuah feedback oleh rekan kerja kamu.

8. InvisionApp.com

Semenjak keluarnya plugin Craft oleh website ini, di sana juga kamu bisa menggunakan fitur-fitur yang membantu kita pada UI/UX design. Well, tidak banyak berbeda dengan aplikasi lainnya yang dimana kita juga bisa kolaborasi dengan team kita maupun memberikan sebuah komentar dan juga di sana ada fitur baru yakni Inspect dimana ini membantu beberapa developer dalam melihat kordinat, font-style, color-code, dan lain-lain bedasarkan design yang telah kita berikan.

9. Flinto

Pada Flinto ini ada 2 jenis, kamu bisa pilih Flinto Lite jika kamu pengguna Windows dan juga kamu bisa membuat sebuah design dari awal dan juga kamu bisa menambahkan animasi pada suatu design aplikasi kamu dengan mudah.

10. Justinmind.com

Well, lagi-lagi aplikasi berbasis website. Banyak juga ya, hehehe. Yak, kamu bisa gunakan aplikasi ini untuk UI/UX design dan bahkan sangat banyak sekali user yang menggunakan aplikasi ini untuk projek-projek besar dan bahkan Adobe sendiri pun pernah menggunakan aplikasi ini untuk mengerjakan beberapa projek mereka sebelum adanya Adobe XD.

11. Adobe Photoshop

Aplikasi yang satu ini siapa yang tidak kenal, Adobe Photoshop adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk memanipulasi foto tapi banyak juga yang gunakan aplikasi ini untuk membuat sebuah tampilan User-Interface dan Photoshop terbaru sudah menyediakan fitur Artboard untuk membantu para UI/UX Designer dalam hal pekerjaannya.

Okay, berikut adalah beberapa referensi aplikasi yang GarudaPixel bisa kasih ke kalian wahai para Windows user dan GarudaPixel harap ini bisa bermanfaat untuk membantu kamu dalam mengerjakan projek UI/UX. Terima kasih, sampai jumpa.

  • mulia suranta

    Good Article !

  • ankur

    ada software untuk menganimasikan hasil UI seperti principle di Windows ga? kalo ada mau tau dong. Thanks (: