2 Cara Untuk Belajar Prototype UI Design

0
1870
Cara Untuk Belajar Prototype UI Design

GarudaPixel.com – Membuat sebuah prototype untuk UI design dapat dikatakan mudah dan sulit, mudah jika hal yang ingin disampaikan itu sederhana tapi sulit jika pada prototype tersebut terdapat sebuah kondisi yang membutuhkan animasi dalam menyampaikan sebuah kondisi tersebut.

Prototype digunakan untuk menunjukan kepada user, business owner, developer, tentang bagaimana aplikasi mobile atau website yang saat ini kita rancang itu bekerja secara yang diharapkan oleh mereka semua, jika terjadi sesuatu yang tidak benar, maka diperlukannya kita merubah prototype tersebut.

Cara Untuk Belajar Prototype UI Design

Jadi, ketika melakukan sebuah User-Testing pada design kita, tentunya kita membutuhkah sebuah prototype, prototype yang bisa kita berikan di sini memiliki beberapa macam yakni online dan offline, dan saat ini mari kita bahas sedikit-sedikit.

1. Online Prototype UI Design

Jadi, yang dimaksud dengan Online ini, kita membutuhkan sebuah platform yang dapat mengantarkan sebuah design kita ke dalam satuan prototype yang dimana nantinya user kita dapat menggunakannya dan kita akan dengan mudah untuk melihat reaksi mereka dan behavior dari user tersebut.

Kita telah membuat sebuah design beberapa halaman, misalnya halaman Home, Shopping, Checkout, Verification, lalu kita ingin membuat halaman tersebut tersambung satu sama lain tanpa menggunakan koding, maka dari itu langkah yang perlu kita ambil yakni membuat sebuah prototype.

Membuat sebuah prototype dari kumpulan design pada halaman tersebut, kita dapat menggunakan beberapa website yang menyediakan yakni MarvelApp, InvisionApp, JustInMind, Mockplus, dan tentu masih banyak yang lainnya yang dapat kamu coba.

Baca Juga: Beberapa Tools Untuk Membuat Prototype UI Design

2. Offline Prototype UI Design

Pada bagian ini, kita dapat menyebutnya offline karena mungkin kita tidak terlalu membutuhkan sebuah koneksi internet ataupun participant secara online, kita dapat print-out hasil design kita lalu kita potong menjadi tiap halamannya, setelah itu kita juga bisa meminta team internal untuk sebagai end-user kita yang dimana bisa kita uji coba hasil prototype kita.

Hal ini tentu akan lebih sedikit kerja ekstra, tapi hal ini biasanya saya digunakan bila tak tersedianya koneksi internet yang baik untuk melakukan sebuah prototype atau tidak ada nya sebuah device yang bisa digunakan, jadi manual menggunakan print-out saja.

Cara Prototype Secara Online untuk UI Design

Semoga bermanfaat artikel Cara Untuk Belajar Prototype UI Design bagi kalian yang masih baru pada dunia user-interface design, jangan lupa untuk share atau tinggalkan komentar, terima kasih.