5 Cara Berkomunikasi Dengan Developer Sebagai Orang Awam

0
373
Cara Berkomunikasi Dengan Developer Sebagai Orang Awam

GarudaPixel.com – Komunikasi adalah hal yang sangat diperlukan dalam dunia pekerjaan maupun lainnya, karena kita semua adalah makhluk sosial yang pastinya akan berkomunikasi secara langsung maupun tidak pada tiap harinya.

Menyampaikan sebuah ide yang kita miliki juga termasuk berkomunikasi, lantas bagaimana jika kita ingin berkomunikasi dengan developer kita untuk menerapkan ide-ide aplikasi design yang kita miliki saat ini agar mereka mudah paham dengan ide kita tersebut.

Cara Berkomunikasi Dengan Developer Sebagai Orang Awam

Demi mengurangi hal kesalahpahaman dan menghemat waktu dalam penyelesaian project tersebut, kini aku mau share beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat ini juga kepada developer kamu, sebagai contoh misalnya kamu seorang designer, klien, atau projek manajer, dan ingin sekali menjelaskan ide yang kamu punya kepada developer kamu.

1. Mempelajari Flowchart

Flowchart adalah dasar dari pemrograman, mungkin kamu sudah mengetahui bagaimana cara kerja flowchart itu, dari mulainya sebuah aplikasi hingga melewati beberapa validasi dan sesampainya pada garis finish. Dengan menggunakan flowchart, kita akan lebih mudah lagi dalam menyampaikan bagaimana ide kita berjalan semestinya.

2. Menggunakan Visual Mockup

Design yang sudah kita buat sebelumnya akan kita export atau simpan menjadi file JPG atau PNG, setelah itu kita bisa paparkan semua halaman kita yang nantinya kita akan presentasikan kepada developer kita, dengan begitu mereka akan paham apa saja yang perlu disiapkan.

3. Membuat Alur Prototype Aplikasi

Mungkin kamu sudah mempelajari bagaimana caranya menggunakan flowchart dan juga bagaimana caranya membuat sebuah visual mockup, kini kamu perlu gabungkan keduanya tersebut menjadi sebuah prototype yang easy-to-understand. Membuat prototype sendiri itu bisa menggunakan invisionapp.com atau marvelapp.com, kamu bisa cari artikel mengenai hal itu pada blog garudapixel.com ini.

4. Menggunakan Animasi Sederhana

Dalam sebuah aplikasi, tentunya ada bagian dimana kita benar-benar membutuhkan sebuah animasi untuk elemen tertentu, misalnya pada loading screen atau pada progress bar atau bahkan pada button yang telah ditekan. Dengan menggunakan animasi maka developer akan lebih cepat paham dengan kode-kode yang perlu disiapkan.

5. Memberikan Sebuah Contoh

Contoh adalah sebuah hal yang memang sangat penting, tanpa adanya sebuah contoh, maka itu sulit sekali menjelaskannya, mereka para developer tidak dapat hanya membayangkan apa yang diharapkan kita sebagai orang awam. Maka dari itu, kita perlu menggunakan sebuah contoh yang baik dan mudah dipahami.

Okey, berikut 5 tips untuk Cara Berkomunikasi Dengan Developer Sebagai Orang Awam dari saya, semoga bisa bermanfaat buat kamu dan boleh di-share kepada teman kamu. Terima kasih, Angga Risky, GarudaPixel.