Apa sih Perbedaan SASS dengan LESS?

0

Halo sobat Garuder ūüėČ , kali ini saya akan coba menjelaskan apa sih¬†perbedaaan SASS¬†dengan Less. Seperti yang kita ketahui bahwa SASS atau Less merupakan sebuah CSS Preprocessor, yang artinya merupakan tools untuk memudahkan kita untuk membuat sebuah file CSS yang terstruktur dan terorganisir, tanpa melalui proses yang rumit.

SASS dan Less merupakan solusi dari masalah tersebut, namun kedua framework tersebut memiliki kelebihan dari kekurangannya masing-masing. Apa sajakah itu?

Kelebihan SASS

Sass merupakan kepanjangan dari Syntactically Awesome Style Sheets.

Ada dua cara penulisan SASS, yaitu dengan menggunakan ekstensi .sass atau .scss. Perbedaannya dari kedua file tersebut, apabila .scss kita menuliskan kode SASS mirip dengan css, namun dengan penambahan fitur yang dimiliki oleh SASS, sedangkan .sass tidak menggunakan kurung kurawal dan titik koma sama sekali.

Jadi untuk kamu yang lebih suka tanpa kurung kurawal dan titik koma, gunakanlah .sass, namun apabila kamu terbiasa dengan css, gunakanlah .scss

Kelebihan lainnya, SASS ini lebih bisa dibilang seperti bahasa pemrograman. Kenapa? Karena beberapa fitur seperti variables, mixin, if, else, for while, loops. Jadi buat kamu yang dulunya backgroundnya ngoding sistem, kamu ga akan kehilangan fitur-fitur tersebut di SASS kok!

Kelebihan LESS

Ada SASS ada LESS, tapi apa sih kelebihan yang dimiliki oleh LESS?

LESS menggunakan javascript, jadi kamu bisa langsung pakai saja less.js tanpa harus download lagi compiler untuk mengubah dari .less ke .css. Dan Javascript sendiri merupakan bahasa ibu nya website, sedangkan SASS pakai ruby, yang notabene di Indonesia masih menjadi minoritas.

Kelebihan lainnya, banyak yang bilang kalau LESS ini lebih mudah dipelajari. Mungkin sudah terlihat dari namanya saja, LESS yang artinya tidak banyak atau sedikit, berarti yang dipelajari tidak terlalu banyak. Jadi kamu yang pindah dari CSS gak begitu pusing pas pindah ke LESS.

Perbedaan Mendasarnya Apa?

Sama tapi beda, berikut ini ada beberapa perbedaan yang harus kamu perhatikan di saat menggunakan SASS atau LESS.

  1. Penulisan variable SASS menggunakan $, hampir mirip dengan PHP, kalau LESS menggunakan @ sebagai variable nya.
  2. Di LESS, looping cuma berlaku untuk angka saja. Sedangkan di SASS itu tidak, semua data yang bisa di looping maka akan bisa kamu looping.

Jadi, mana yang harus saya pilih?

Menurut rekomendasi saya sih, saya lebih mending memilih SASS. Alasannya kenapa? Komunitas web designer sekarang lebih memilih SASS dibandingkan Less, karena fiturnya yang lebih banyak dan ada beberapa alternatif penulisan untuk menulis file SASS itu sendiri. Kalau kata saya sih, Less itu kurang powerful untuk sekarang.

Selain itu,¬†Bootstrap yang notabene merupakan framework terpopuler se jagat internet, mulai merubah kodingan Less nya menjadi SASS. Jadi, kalau kamu milih apa nih? Langsung aja komentar dibawah ini ya, atau kalau kamu punya pertanyaan soal tulisan ini, kamu bisa langsung tanyakan di kotak komentar kok ūüėÄ