Bedanya Aplikasi Sketch App dengan Photoshop?

0
971
Bedanya Aplikasi Sketch App dengan Photoshop?

Hai hai hai, Garuda kembali dengan topik yang cukup membingungkan juga nih jadi Garuda mau jelasin perbedaan dari kedua aplikasi tersebut itu dengan apa yang Garuda alami sih selama menggunakan kedua aplikasi tersebut.

Tiap-tiap aplikasi pastinya dong memiliki beberapa kekurangan serta kelebihan yang bisa dirasakan oleh kita sebagai designer *cie elah* ya memang begitu adanya kan pastinya kita memiliki kebiasaan dalam menggunakan sebuah aplikasi layaknya shortcut key, rendering, exporting, importing, dan tentu masih banyak deh yang lainnya.

Perbedaan Sketch App dan Photoshop

Sketch App

Bedanya Aplikasi Sketch App dengan Photoshop?

Sketch App sendiri adalah aplikasi yang dikeluarkan dan hanya tersedia pada Mac OS saja, aplikasi inilah yang dari dulu memang sudah difokuskan kedalam UI maupun UX Design loh (bisa dikatakan bahwa aplikasi inilah yang cukup unggul dalam dunia UI/UX Design).

Price

Pada pembayaran sebuah aplikasi Sketch App ini terbilang murah dikarenakan ketika kita membeli aplikasi ini cukup sekali bayar lalu gratis selamanya (mendapatkan update-an terbaru) dari pihak sketchapp.com sendiri. Kita dapat membelinya dengan harga $99 dan apabila kamu seorang siswa atau pelajar maka kamu bisa pesan untuk student license yang berarti kamu akan mendapatkan sebuah discount 50% dari harga aslinya loh. Wah sangat menguntungkan bukan? Hahahaha.

Perfomance

Ketika kita menggunakan aplikasi Sketch App, sebenarnya kita hanya perlu menggunakan perangkat yang support oleh OS X ataupun Mac OS (keluaran terbaru) karena Sketch app inilah belum tersedia pada Windows dan Garuda sendiri pun tidak tau apakah akan tersedia atau tidak tapi sayangnya untuk saat ini memang hanya tersedia untuk Mac OS ataupun OS X saja.

Dalam sisi inilah Sketch App terbilang ringan dibandingkan Photoshop, mengapa demikian? Garuda juga belum tau, mungkin dari sisi development-nya yang membuat Sketch app terbilang cukup ringan (karena memang begitu adanya). Sketch app juga memiliki fiture auto-saving yang berarti tiap beberapa menit dokumen design kita akan tersimpan otomatis dan kita tidak perlu khawatir jika memiliki masalah crashed atau not responding layaknya pada photoshop.

Fiture

Pada aplikasi Sketch ini memiliki beberapa fiture layaknya Artboard, Vector, Live-Preview, dan tentunya masih banyak lainnya yang memang sangat cocok ketika kita sedang mengerjakan sebuah project UI Design. Pada Sketch app juga tersedia template yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah design secara mengikuti guide dari pihak android maupun ios.

Photoshop dari Adobe

Bedanya dari Sketch app, aplikasi yang satu ini memang terlahir support untuk kebutuhan editing photo khususnya photography loh, tapi masih banyak juga yang menggunakan aplikasi ini untuk design sebuah website, UI, Icon, Vector, dan lain lain deh sangat bermacam-macam sekali.

Price

Dari sisi harga, aplikasi ini terbilang lebih mahal dari Sketch, mengapa demikian? karena aplikasi ini bersifat langganan yang dimana kita wajib membayar tiap bulannya (kecuali kamu nge-crack) dengan harga yang terbilang cukup mahal juga loh. Tapi kamu bisa mendapatkan sebuah discount ketika menggunakan kartu pelajar atau kamu menggunakan aplikasi ini untuk mengajar.

Perfomance

Adobe Photoshop terbilang cukup berat karena ketika Garuda menggunakannya aplikasi ini telah memakan RAM sebesar kurang lebih 3GB (ini pas posisi stand by aja loh) namun pas Garuda sudah mulai bekerja menggunakan beberapa dokumen lembar design, maka aplikasi ini akan bertambah berat lagi karena RAM yang digunakan biasanya menyimpan beberapa kebutuhan dari Photoshop ini sendiri, jadi selama kita banyak menggunakan elemen-elemen pada Photoshop maka RAM yang dibutuhkan akan semakin banyak.

Fiture

Pada aplikasi Photoshop juga tersedia fiture artboard yang dimana ini berarti sangat kebutuhan awal dari seorang UI Designer. Pada Photoshop juga memiliki banyak plug-in yang bisa kita gunakan untuk edit foto menjadi lebih menarik dari foto sebelumnya. Jadi bagi kamu pecinta photography kamu bisa gunakan aplikasi Photoshop untuk meracik hasil karya kamu, tapi jika kamu pencinta UI Design itupun tidak menjadi masalah karena selama ini masih banyak user yang menggunakan Photoshop untuk kebutuhan UI Design.

Kesimpulannya

Memilih aplikasi sebagai alat tempur adalah pendapat masing-masing, jika kalian memang lebih suka sketch app ketimbang photoshop itupun tidak masalah bagi Garuda karena yang dipandang pada akhirnya ya hasil karya kamu bukan aplikasi apa yang kamu gunakan jadi jangan minder bagi kamu pengguna sketch app juga (banyak kok UI Designer professional) yang menggunakan aplikasi sketch app ini.