Kapan Menggunakan Sketch, Illustrator, dan Photoshop?

0
873
Menggunakan Sketch, Illustrator, dan Photoshop

GarudaPixel.com – Belakangan ini banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dapat membantu kita dalam mengerjakan sebuah design untuk sebuah produk tersendiri. Mereka juga masih banyak yang bingung aplikasi mana yang cocok buat mereka sebagai designer.

Menggunakan Sketch, Illustrator, dan Photoshop

Saat ini, aku mau share bedasarkan pengalaman aku mengenai aplikasi mana yang kira-kira itu cocok buat aku dalam mengerjakan sebuah design, dan sebenarnya bicara soal design pastinya banyak banget bidang design yang kita tidak kuasai dan ini juga kembali lagi dengan kamu mengenai projek yang saat ini kamu kerjakan.

Di sini Menggunakan Sketch, Illustrator, dan Photoshop, aku ambil beberapa aplikasi yang saat ini sedang populer di kalangan designer, yakni Sketch, Illustrator, dan juga Photoshop. Kamu, pengguna windows pastinya sudah familiar dengan kedua aplikasi tersebut, tapi apa bila Sketch, pastinya kamu belum tau kan apa itu, hehe.

Sketch adalah sebuah aplikasi yang hanya tersedia pada sistem operasi Mac. Sketch ini bisa kamu download pada official sitenya yaitu sketchapp.com dan di sana kamu juga bisa melihat berapa harga dari aplikasi ini dan tentunya beberapa fitur yang mereka tawarkan kepada designer.

Sketch pada dasarnya membantu kita dalam pembuatan sebuah design untuk Icon, Illustration, website, dan juga aplikasi mobile untuk ios maupun android. Lantas, apa perbedaanya dengan Photoshop atau Illustrator? kan sama-sama bisa digunakan untuk website design atau icon.

Jadi, pada Sketch itu tersedia beberapa plugin yang dapat membantu seorang UI designer dalam mengerjakan sebuah produk aplikasi dan juga beberapa plugin tersebut dapat membantu seorang designer bekerja langsung dengan developer, misalnya di sana ada plugin CRAFT yang dimana designer dapat membuat sebuah prototype untuk menjelaskan sebuah lajunya aplikasi kepada developer mereka.

Jika, kita menggunakan software Photoshop atau Illustrator, di sana tidak ada plugin tersebut namun kita bisa meng-export design kita ke bentuk JPG or PNG lalu kita dapat menggunakan aplikasi invisionapp yang dapat membantu kita membuat sebuah prototype.

Jadi, kapan sih waktu yang tepat itu dalam penggunaan software tersebut?

Misalnya kamu ingin membuat sebuah design untuk manipulation photo, software yang cocok adalah photoshop, karena dalam photoshop itu tersedia tools yang sangat ajib yang dapat digunakan dalam pengeditan sebuah foto. Apabila kamu menggunakan Sketch, itu kurang sekali karena Sketch sendiri fokus ke pada Vector Graphic dibandingkan dengan Photoshop yang dapat memanipulation Photo.

Lalu untuk Illustrator itu kapan ya?

Adobe Illustrator ini sudah dikenal oleh pasar-pasar adalah sebuah software yang dapat membantu kita dalam pembuatan icon dan illustration design. Jadi, bila kamu membuat sebuah icon menggunakan photoshop atau sketch, itu bisa saja tapi pasarnya sedikit karena format file yang diberikan itu berbeda dengan adobe illustrator.

Saat ini balik lagi ke diri kamu, kamu mau bikin design apa? kartu nama? pakai photoshop atau illustrator, atau website design? pakai Sketch atau Photoshop.

Semoga bermanfaat, terima kasih, Angga Risky, GarudaPixel.