Tips Untuk Design On-Boarding UI/UX

0
Tips Untuk Design On-Boarding UI/UX

GarudaPixel.com – Dalam pembuatan sebuah halaman on-boarding, kita diperlukan untuk membuatnya semudah mungkin karna biasanya on-boarding ini adalah sebuah halaman yang hanya digunakan sekali oleh user tersebut. Tapi, ada beberapa macam on-boarding dan di sini kita akan bahas on-boarding yang digunakan untuk sekali saja pada pengguna terbaru pada website design ataupun mobile aplikasi design.

Sebelum melangkah lebih jauh, kini kita tentukan terlebih dahulu mengenai studi kasus apa yang ingin kita gunakan pada on-boarding ini. Baik, kita akan ambil kasus ‘e-Commerce’ dalam materi on-boarding ini dan bagaimana agar kita dapat membuat on-boarding ini menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh user awam.

Tips Untuk Design On-Boarding UI/UX

User’s Goal

Pertama, kita perlu terlebih dahulu menentukan beberapa user’s goal yang ingin kita capai, misalnya dalam on-boarding ini pada nantinya user itu akan mendapatkan sebuah website dan berupan dengan produk yang mereka jual, dengan begitu akan semakin jelas mengenai elemen-elemen apa saja yang nanti bisa kita gunakan atau kita tampilkan.

User Journey

Sebelumnya kita sudah menetapkan sebuah user’s goal, dan kini akan lebih mudah karena kita hanya fokus saja pada user’s goal tersebut dan mengenai inputan dari user yang ingin kita tampilkan akan lebih dipahami. Baik, user’s goal adalah membuat sebuah website dengan produk mereka maka beberapa yang kita perlu berikan adalah sebagai berikut:

  • Nama Toko
  • Logo Toko (Opsional)
  • Email Address
  • Phone Number
  • Location
  • Language
  • Product (1)

Jadi, di atas ada beberapa hal yang perlu dilengkapi oleh user tersebut ketika dalam halaman on-boarding, dengan begitu kita bisa menampilkan data-data tersebut kepada user’s goal tersendiri pada nantinya.

Don’t waste time

Di sini kita jangan terlalu memaksa user untuk melengkapi data-data sepele lainnya yang sebenarnya bisa dilakukan oleh user pada nantinya ketika berada di halaman dashboard. Karena kita perlu fokus kepada user’s goal agar tidak terlalu memakan waktu yang lama bagi user tersendiri. Karena biasanya user tersebut hanya ingin membuat toko bukan ingin melihat fitur-fitur lainnya.

Using ToolTip Tour

Kamu bisa juga gunakan ToolTip untuk mengenalkan beberapa button atau pun input type yang perlu dilengkapi oleh user, sebenarnya ini hanya jaga-jaga saja di mana user memang belum paham banget tapi kita juga perlu menyediakan hal ini sebelum user mendapatkan rasa stres atau bingungnya.

Say Welcome

Setelah user berhasil melewati on-boarding, baiknya kita berikan sebuah halaman yang di mana kita sambut manis user tersebut, agar dia memiliki rasa kebanggaan tersendiri karena telah berhasil melakukan hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya pada on-boarding ini. gitu.

Terima kasih atas waktunya untuk membaca artikel ini dan semoga bermanfaat untuk kalian, feel free untuk share artikel ini kepada temen kalian. Angga Risky. GarudaPixel.