Ketika kita sedang membuat sebuah validasi untuk data ketika user sedang login, tentunya sangat banyak sekali pilihan yang bisa kita gunakan dengan menggunakan HTML5, JavaScript, atau PHP. Masing-masing dari itu semua memiliki sebuah kelebihan maupun kekurangannya, di sini Garuda sarankan untuk menggunakan JavaScript.

HTML5 memiliki attribute required

Attribute ini digunakan untuk memberikan sebuah alert agar user melengkapi sebuah form, jika salah satu field dari form tersebut masih kosong maka attribute inilah yang akan memberikan sebuah peringatan. Namun, Garuda simpulkan bahwa attribute ini masih terbilang lemah, karena ketika kita Inspect element maka kita tentunya bisa menghapus attribute tersebut dan lolos validasi data.

Menggunakan JavaScript sebagai pengganti HTML5 Required

Kita tentunya bisa mengganti attribute tersebut dengan menggunakan sebuah metode dari JavaScript ini, kita membuat sebuah function yang di handle oleh form kita. Pada video di atas, kalian bisa melihat bagaimana cara kerja sebuah JavaScript dalam penanganan kasus ini.

Kesimpulan

Membuat sebuah validasi data tentunya diperlukannya hati-hati, jika tidak maka data ataupun website kita bisa kebobolan, maka dari itu kita perlu memilih kualitas yang baik demi menjaga keamanan website kita.

  • Angel Ria Purnama Sari

    itu pakai aplikasi apa ? notepad ++ atau ?